Berbaga Jenis Racikan Jamu -->

Berbaga Jenis Racikan Jamu

Saturday, April 25, 2020, 1:22 PM
Jamu untuk menjaga stamina tubuh lebih sehat dan bisa menjaga kondisi cuaca kurang baik.


Para penjual jamu tradisional biasanya membuat sendiri jamunya. Rempah-rempah berkhasiat dikupas, disangrai, diparut, digerus atau pun ditumbuk, sebelum direbus.

Berikut ini racikan jamu yang sering dijual orang untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh:


1. Empon-empon Bahannya terdiri dari kurcumin, jahe, kunyit, kencur, temulawak, dan empon- empon lain. Mengonsumsi empon- empon membantu mencegah akibat infeksi virus.

2. Jahe kencur jeruk Paduan panasnya jahe dan asamnya jeruk nipis dipercaya bisa mengurangi keluhan sakit tenggorokan. Ramuan ini juga efektif untuk menghangatkan badan di musim hujan.

3. Beras kencur Jamu ini selalu tersedia di bakul-bakul jamu. Ramuannya terdiri dari beras, kencur, dan bahan lain seperti jahe, asam kawak, biji kedaung, garam, dan gula merah. Khasiatnya adalah meningkatkan nafsu makan anak hingga meredakan diare. Lihat Foto Ilustrasi jamu Jawa.

4. Kunyit asam Sering disebut juga dengan jamu kunir asem, jamu ini dapat mengurangi nyeri haid, menghilangkan bau tidak sedap, mengatasi perut kembung, hingga meremajakan kulit.

5. Pahitan Ramuan pahitan terdiri dari beberapa rempah, seperti sambiloto atau brotowali. Sesuai dengan namanya, jamu ini memilih rasa pahit yang kuat. Meski begitu, jamu berwarna hitam ini sangat populer karena dipercaya bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan dan juga meningkatkan stamina serta mengusir pegal.

6. Ramuan alang-alang Herbal dari akar tanaman alang-alang dipercaya dapat melancarkan buang air kecil dan membantu meredakan gejala panas dalam.

TerPopuler