Tolak Virus Perkuat Imunitas Tubuh dengan Jus Mengkudu -->

Tolak Virus Perkuat Imunitas Tubuh dengan Jus Mengkudu

Friday, April 24, 2020, 8:09 PM
Nah, ini juga salah satu bahan herbal yang ada di Indonesia. Ini saya tahu nenek dulu sering mengkonsumsi itu. Cuma saya berfikir baunya kok tidak enak, seperti basi gitu.

Mengapa buah Noni? Sebab berbagai penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa herbal ini punya kemampuan untuk meningkatkan imunitas karena senyawa di dalamnya memiliki fungsi sebagai imunomodulator. Senyawa bisa disebut berfungsi sebagai imunomodulator jika dia bisa memperkuat sistem imun tubuh atau mengendalikannya secara positif.

Salah satu penelitian yang membuktikan kemampuan buah NOni itu diulas dalam makalah ilmiah berjudul “The effects of Morinda citrifolia L. (noni) on the immune system: Its molecular mechanisms of action.” Anda bisa membacanya secara online di Science Direct.

…penelitan membuktikan rutin minum noni 330 mL setiap hari terbukti meningkatkan aktivitas sel kekebalan tubuh dan menurunkan tingkat stres – ncbi.nlm.nih.gov
Malah sebuah penelitan yang dilansir oleh ncbi.nlm.nih.gov membuktikan rutin minum Noni 330 ml setiap hari terbukti meningkatkan aktivitas sel kekebalan tubuh dan menurunkan tingkat stres, baca informasinya di artikel Noni Juice: Suplemen untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh.

Resep Jus Buah Noni


Bahan Baku:

  • 3 buah Noni (Mengkudu) yang sudah matang.

Cara Meramu:

  • Cuci bersih buah Noni dengan air mengalir.
  • Parut buah Noni tanpa menghilangkan kulitnya.
  • Peras dengan sepotong kain sampai cukup kering.
  • Tampung air perasannya dalam sebuah wadah atau gelas.

Aturan Minum:

  • Bagi air perasan menjadi 2 bagian untuk diminum 2 kali sehari.
  • Minumlah setiap hari untuk menjaga kekebalan tubuh.
Cukup mudah bukan? Dengan resep yang sederhana Anda bisa memperoleh manfaat yang besar untuk kesehatan. Tapi sayangnya tak sedikit orang yang tidak suka dengan rasa pahitnya dan dengan aromanya yang menurut mereka kurang sedap.
Padahal tak hanya di Indonesia, sari buah Noni sudah terkenal hingga mendunia. Banyak orang di luar negeri pun menikmati minum sari buah ini secara rutin dengan harga yang cukup mahal.
Namun jangan khawatir, dengan kesabaran dan resep berikut Anda dapat membuat minuman sari buah Noni yang menyegarkan dan enak rasanya! Berikut langkah-langkahnya.

Resep Minuman Mengkudu Juice


Bahan-Bahan:

  • 5 buah Noni (Mengkudu) yang sudah matang.
  • Toples beling besar dengan tutup.

Cara Meramu:

  • Sterilisasi toples itu dengan mencucinya menggunakan sabun dan air panas.
  • Cuci buah Noni sampai bersih, dan keringkan dengan kain bersih.
  • Masukkan semua buah Noni ke dalam toples yang sudah disterilisasi.
  • Tutup toples rapat-rapat, jika perlu gunakan isolasi untuk memastikan kerapatan tutupnya.
  • Taruh toples itu di tempat yang terkena sinar matahari.
  • Tunggu buah Noni berfermentasi sendiri selama kurang-lebih 2 bulan.
  • Anda akan melihat sarinya keluar dari buah Noni, dan lama-kelamaan warna sari itu menjadi semakin gelap.
  • Jika dirasa sudah cukup berfermentasi, saring secara perlahan sari buah Noni dengan saringan halus ke dalam mangkuk besar.
  • Bisa juga menggunakan saringan dari kain tipis agar hasil saringan sari buahnya lebih bersih.
  • Untuk mem-pasteurisasi sari buah Noni, masukkan sari ke toples beling yang sudah disterilisasi kemudian taruh toples itu ke dalam panci berisi air yang sedang mendidih. Biarkan selama 1 menit.
  • Noni juice racikan sendiri sekarang siap diminum. Noni juice ini bisa tahan sampai 1 bulan jika disimpan di kulkas dalam toples beling.

Aturan Minum:

  • Setiap kali ingin minum, tuangkan Noni juice ke gelas belimbing sebanyak seperempatnya, kira-kira seukuran 50 ml.
  • Minum Noni juice sebanyak 2 kali sehari untuk menjaga kekebalan tubuh.
Memang lebih merepotkan dan lebih lama cara membuatnya daripada resep yang sebelumnya, namun sari buah Noni yang dihasilkan lebih nikmat rasanya dan lebih sedap aromanya. Dan minuman Noni juice inilah yang telah banyak diteliti oleh para ilmuwan dan ahli kesehatan.
Contohnya bisa dilihat dalam sebuah ulasan ilmiah berjudul “The Potential Health Benefits of Noni Juice: A Review of Human Intervention Studies”.

Dijelaskan bahwa selain membantu menguatkan sistem imun tubuh, Noni juice juga meningkatkan daya tahan fisik, meningkatkan kesehatan sendi, menjaga kesehatan tulang, menjaga tekanan darah normal, menjaga kadar kolesterol, meningkatkan kesehatan gusi, mengendalikan berat badan, dan berbagai manfaat lainnya.

Jadi selain dibantu untuk terhindar dari serangan virus corona, dengan rutin minum Noni juice Anda juga dapat memiliki kesehatan dan kebugaran tubuh yang secara keseluruhan lebih optimal.

Noni Juice untuk Melawan Virus Corona
Noni Juice (Credit Gambar Noni: Sommai Larkjit / 123rf)

Bantu Tubuh Anda Melawan Virus Corona dengan Sari Buah Noni!

Alam telah secara limpah menyediakan buah Noni untuk dimanfaatkan. Apakah Anda akan menggunakannya, terutama kini saat ada bahaya penyebaran virus corona di Indonesia?
Kalau tidak masalah dengan rasa dan aroma Noni yang kuat, Anda bisa mencoba resep sari buah Noni yang sederhana tanpa proses fermentasi. Tetapi jika ingin meracik sendiri Noni juice yang rasa dan aromanya lebih enak, serta yang manfaatnya sudah dibuktikan luas secara ilmiah, Anda mungkin harus mau repot dan sabar karena prosesnya cukup lama.
Bagi Anda yang tidak mau repot dan menunggu lama namun tetap ingin mendapatkan manfaat Noni juice, tenang saja. Produk Noni juice yang sudah jadi dan siap minum banyak tersedia di apotik-apotik Indonesia. Anda mungkin dapat dengan mudah menemukannya di bagian produk kesehatan pada sebuah toko atau supermarket.
Produk Noni juice juga dapat dibeli secara online. Namun kami menyarankan Anda untuk membeli yang sepenuhnya (100%) terbuat dari sari buah Noni, tanpa bahan tambahan apapun. Karena jika kandungannya murni, itu artinya Anda akan memperoleh manfaat yang sepenuhnya dari buah Noni untuk memperkuat tubuh Anda melawan virus corona.
Ingin tahu lebih jauh tentang manfaat buah Noni, silakan baca ulasan lengkapnya di artikel: Noni Juice Taklukan Darah Tinggi, Asam Urat, Diabetes, Kolesterol, dan 26 Penyakit Lainnya!
Sumber

Sumber Referensi:

Palu, Afa K, dkk. (2007). The effects of Morinda citrifolia L. (noni) on the immune system: Its molecular mechanisms of action. Journal of Ethnopharmacology. 115(3): 502-6. DOI: 10.1016/j.jep.2007.10.023
Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya.
The University of Hawai’i. Noni Processing: Juice and Juice Products. URL: https://www.ctahr.hawaii.edu/noni/fruit_juices.asp
West, Brett. J, dkk. (2018). The Potential Health Benefits of Noni Juice: A Review of Human Intervention Studies. Foods. 7(4):58. DOI: 10.3390/foods7040058

TerPopuler